Header Ads

Header ADS

Belajar huruf hiragana dakuon handakuon & youon

Gimana sudah pada hafal belum huruf hiragana dan katakananya? Setelah kalian selesai mempelajari dan menghafal huruf hiragana dan huruf katana standart yang ada 46 huruf selanjutnya kalian harus mempelajari dan menghafal huruf hiragana dan katakana dakuon, handakuon dan youon. Tapi dipostingan kali ini saya cuma akan mengshare huruf hiragana dakuon, handakuon, dan youon.

Apa sih huruf hiragana dakuon, handakuon dan youon itu? Di postingan Kali ini saya akan menjelaskannya pada teman-teman semua.

Huruf Hiragana dakuon
  Hiragana dakuon adalah huruf hiragana standart yang dikasih tanda petik (") di sebelah kanan atas. Kalau dalam bahasa jepang disebut tenten. Fungsinya yaitu untuk merubah vokal huruf ka menjadi ga, sa menjadi za, dan lain sebagainya. Oke dibawah ini huruf hiragana dakuon:

が= ga     ぎ= gi    ぐ= gu     げ= ge    ご =go
ざ= za     じ= ji      ず= zu     ぜ= ze    ぞ= zo
だ= da     ぢ= ji      づ= zu    で= de     ど= do
ば= ba     び= bi     ぶ= bu    べ= be    ぼ= bo

Huruf Hiragana handakuon
   Hiragana handakuon adalah huruf hiragana standar yang dikasih buletan kecil di kanan atas atau dalam bahasa jepangnya disebut dengan maru. Fungsinya sama dengan huruf hiragana dakuon yaitu untuk merubah vokal huruf ha menjadi pa dan lain sebagainya.

ぱ= pa   ぴ= pi    ぷ= pu     ぺ= pe    ぽ= po

Selanjutnya hiragana youon
  Huruf hiragana youon adalah huruf hiragana standart yang penulisannya diberi huruf ゃ= ya  ゅ= yu dan  ょ= yo kecil. Fungsinya untuk menggabungkan bunyi atau vokal hiragana standart ke bentuk ya, yu, dan yo. Dibawah ini huruf hiragana youon:

きゃ= kya         きゅ= kyu        きょ= kyo
しゃ= sha         しゅ= shu       しょ= sho
ちゃ= cha         ちゅ= chu       ちょ= cho
にゃ= nya         にゅ= nyu        にょ= nyo
ひゃ= hya         ひゅ= hyu        ひゅ= hyo
みゃ= mya        みゅ= myu       みょ= myo
りゃ= rya          りゅ= ryu         りょ= ryo
ぎゃ= gya         ぎゅ= gyu        ぎょ= gyo
じゃ= ja            じゅ= ju           じゅ=  jo
びゃ=bya          びゅ= byu        びょ=byo
ぴゃ= pya         ぴゅ=  pyu      ぴょ= pyo

Ya itu dia huruf hiragana dakuon, handakuon dan youon. Untuk huruf katakana dakuon, handakuon dan youon tunggu dipostingan selanjutnya ya. Selamat belajar, semoga bermanfaat.

No comments

Powered by Blogger.